Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 Maret 2016

Pompa Barsha - Pompa Air Tenaga Arus Air (Hydro)

Jutaan hektar tanah pertanian di Indonesia menderita kekurangan fasilitas dan biaya untuk irigasi meskipun sumber air (sungai) mengalir disebelah sawah maupun disekitarnya. Solusi yang paling umum digunakan untuk mengalirkan air untuk irigasi saat ini adalah dengan mengoperasikan pompa diesel (bbm solar). Tetapi penggunaan pompa diesel banyak menemui kendala karena membutuhkan bahan bakar yang terkadang sulit didapatkan dan biaya yang mahal dan pompa diesel terkenal membutuhkan perawaratan yang rutin dan spare part yang hanya ada di kota. Dalam ketiadaan alternatif yang efektif, petani memenuhi pengguna air dengan cara mengangkat air dari sungai ke sawah secara manual dan / atau tergantung pada curah hujan untuk irigasi dan ini pekerjaan yang sangat tidak efektif dan efisien dalam manajemen pengelolaan sumber daya pertanian kita.

Permasalahan irigasi
Kami PT. Wanaco Indo Niaga bekerja sama dengan pihak Aqysta, Belanda turut serta dalam mengedukasi dan memperkenalkan 'Pompa Barsha' dengan sebuah misi untuk menyediakan solusi irigasi yang berkelanjutan untuk kesejahteraan petani di Indonesia.

Pompa Barsha hadir dengan memanfaatkan energi arus sungai (hydro) dan kanal untuk memompa air. Pompa Barsha tidak memerlukan bahan bakar atau listrik untuk mengoperasikannya, sehingga tidak memerlukan biaya operasi, juga tidak mengeluarkan polusi (polusi suara dan polusi udara) sehingga aman dan ramah buat lingkungan disekitarnya. Dengan demikian pompa Barsha menyajikan solusi hemat biaya yang berkelanjutan untuk biaya operasi -karena tidak ada bahan bakar dan biaya perawatan- memompa air untuk irigasi, yang dalam perhitungan ekonominya biaya investasi pembelian pompa Barsha akan kembali dalam waktu 2 tahun.


KONDISI :
  • Pada umumnya pertanian terletak diarea sungai dan membutuhkan pengairan. 
  • Pompa air diesel / listrik dinilai cukup mahal, menimbulkan polusi, membutuhkan bahan bakar yang yang terkadang susah dan sulit untuk mendapatkannya dan membutuhkan perawaratan yang intensif.
SOLUSI : 
  • Pompa menggunakan tenaga air yang digerakkan oleh arus sungai (hydro). 
  • Mudah untuk dirakit, dioperasikan dan dibongkar
  • Membutuhkan pemeliharaan minimum
  • Tidak menimbulkan pencemaran (polusi dan emisi)
  • Desain modular yang memungkinkan untuk berbagai penyesuaian
  • Teknologi terbukti dan teruji
PERBANDINGAN :

Dibandingkan dengan pompa diesel, pompa Barsha rata-rata akan mencapai titik balik modal hanya dalam 24 bulan (tergantung dengan biaya bahan bakar, biaya transportasi dan jenis pompa Barsha yang digunakan).

Pompa Barsha akan selalu lebih murah jika dibandingkan dengan pompa tenaga surya dan pompa diesel dan memiliki pemeliharaan yang lebih mudah dan murah dibandingkan kedua jenis pompa lainnya.

Perbandingan biaya pemakaian
Pompa Barsha dapat mengalirkan air sampai 20 meter (dengan ketinggian head 12 meter) dan volume air sampai 30.000 liter/hari tergantung pada arus air yang mengalir.


Pemasangan pompa Barsha
Pemasangan Pompa Barsha di Sungai lebar
Pemasangan Pompa Barsha
Pemasangan Pompa Barsha di Sungai lebar
Pemasangan Pompa Barsha



Pemasangan Pompa Barsha di Channel
Pemasangan Pompa di Channel
Pemasangan Pompa Barsha di Channel
Pemasangan Pompa di Channel



Pemasangan di Pertanian Bogor

Pemasangan di Sungai Kadahang Sumba

Silakan hubungi kami untuk detail spec dan harga :

PT. Wanaco Indo Niaga
Jl. Sidomulyo No. 69 Menganti, Gresik 61174
Telp/Fax : 031-8969859
HP/WA. 081938310824, 081332072671
Email : info@wanacoindoniaga.com; wanaco.indoniaga@gmail.com
Website: http://www.wanacoindoniaga.com



Previous
Next Post »

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.